Rangkuman Materi TIK Kelas VII

Rangkuman Materi TIK Kelas 7 Semester 1

PENGERTIAN TIK
*Pengertian luas : segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
*Pengertian sempit : TIK merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktifitas manusia, misalnya seperti mesin,perkakas,peramgkat keras,dll.


·         TIGA KOMPONEN SITEM KOMPUTER
*hardware  : hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Contohnya: harddisk, VGA, RAM ,prosesor,dll.
Perangkat hardware terdiri dari bebarapa jenis yaitu: perangkat masukan(input device),perangkat keluaran(output device),perangkat pengolah data(prosesor),backing storage(unit penyimpanan), memori.
Perangkat masukan adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar kedalam komputer, contohnya: keyboard, mouse,light pen,scanner,kamera digital.
Perangkat keluaran adalah adalah perangkat yang dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dieluarkan, contohnya: monitor, printer, proyektor, speaker,dll.
Perangkat pengolah  data adalah perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data, contohnya : power supply,VGA,motherboard,soundcard,dll.
Backing storage adalah unit yang berfungsi menyimpan data dalam sebuah komputer,contohnya: floppy disk, flash disk,hard disk.
Memory , contohnya : RAM(Random Acces Memory)dan ROM(Read Only Memory)
*software : software adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik , tetapi terdapat dalam komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis: software sistem, software bahasa, software application,software utility.
Software sistem (sistem operasi) merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengprganisasikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer, contoh : microsoft windows, UNIX, LINUX, machintos.
Software bahasa (bahasa pemograman) merupakan suatu bahasa pemograman yang terdapat dalam bentuk assembler compiller ataupun interpreter, contoh : HTML, PHP, ASP, Delphi, visual basic.
Software application(program aplikasi) merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu, contoh : microssoft word, miccrodoft excel,miccrosoft power point, miccrosoft acces, miccrosoft outlook.
Software  uitility(program bantu) adalah program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna komputer dalam hal maintenance dan perawatan sistem komputer, contoh: Tune up, revo unisstaller, anti virus.
Brain ware adalah orang yang menggunakan , memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer, contohmya : programmer, admistrator, operator.
Programmer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk meguasain salah satu ataupun banyak bahasa pemograman.
Administrator adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga prpgram yang berjalan pada sebuah sistem ataupun pada jaringan komputer.
Operator adalah orang yang bertugas melayani dan menjalankan sebuah sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer misalnya sseperti menyiapkan data untuk di akses, merawat sistem komputer.


TIGA PEMBAGIAN JENIS KOMPUTER
1.       Menurut data yang diolah:
a.       Komputer analog adalah komputer yang bekerja secara pararel(analog) untuk mengolah data yang sifatnya continue,datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temperatur tekanan udara. Contoh : amperemeter, volmeter, barometer, termometer.
b.      Komputer digital adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung , contoh: calculator, apple , IBMPC.
c.       Komputer hibrid adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dengan komputer digital,contoh : robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.
2.       Menurut kemampuan mengolah data:
a.       Komputer ukuran sedang ( mini computer)
c.       Komputer ukuran besar ( large computer)
d.      Komputer ukuran super ( super computer)
e.      Komputer bingkai utama (mainframe computer )
f.        Mid range computer
3.       Berdasarkan tujuan penggunaannya
Komputer untuk pengguna khusus ( special purpose computer) merupakan komputer yang secara khusus dirancang untuk digunakan pada bidang tertentu, contoh : USB, komputer untuk pengendalian otomatis di industri, untuk pendukung mikroskop di laboratium.
Komputer untuk penggunaan umum ( general purpose computer) merupakan komputer yang digunakan untuk tujuan penggunaan berbagai macam perangkat lunak yang berbeda dan digunakan untuk aplikasi yang berbeda, contoh : untuk mengolah kata (word processing), pengolah video, komputer pc (personal computer)

·         JENIS JENIS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Software sistem (sistem operasi) merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer,contoh: microsoft word, UNIX, LINUX, macintosh.
Software bahasa merupakan suatu bahasa pemogramn yang terdapat dalam bentuk assmbler compiler ataupun interpreter, contoh: HTML, PHP, ASP, delphi, visual basic.
Software aplikasi merupakan suatu pemograman yang ditulis dengan bahasa pemograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu, contoh : miccrosoft word, miccrosoft excel, powerpoint, acces.
Software uttilty adalah program komputer yang dirancang untuk membantu pengguna komputer dalam hal maintanance dan perawatan sistem komputer, contoh : tune up, revo uninstaller, anti virus.


·         PERANAN TIK
Dampak positif dalam keluarga :
a.       Memudahkan komunikasi dan informasi antar anggota keluarga
b.      Memudahkan terjadinya transfer of knowledge dalam keluarga
c.       Sebagai orang tua , dapat memantau pergaulan dan perkembangan anggota keluarga
Dampak negatif dalam keluarga :
a.       Anak dengan mudah menerima perilaku yang menyimpang
b.      Teknologi dapat mengalihkan fungsi rekreatif dan efektif keluarga
c.       Memicu terjadinya anti social behavior
Dampak positif dalam pendidikan:
a.       TIK digunakan sebagai pendukung manajemen pembelajaran
b.      Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan
c.       Sistem administrasui dalam lembaga pendidikan lebih muda dan lancar karena penerapan sistem TIK
d.      Munculnya media massa, khusunya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat
e.      Kemajuan TIK akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran HAKI(hak atas kekayaan intelektual)
f.        Membuat siswa malas karena mereka yakin bahwa mesin pencari selalu ada

               Dampak TIK pada industri :
a.       Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat akurat
b.      Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dialami oleh manusia
c.       Merangsang masyarakat untuk meningkatkan pegetahuan indstri

              Dampak Positif TIK pada kedokteran :
a.       Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak
b.      Ditemukannya keahliannya dalam bidang operasi
c.       Ditemukannya peralatan untuk mengolah limbah dan sampah
Dampak negatif TIK pada kedokteran :
a.       Efek radiasi yang berpotensi menghasilkan penyakit baru
b.      Efek ketergantungan, teknologi yang kian berkembang dapat menimbulkan timbal balik yang bersifat negatif seperti efek ketergantungan
c.       Proses publikasi perangkat kesehatan yang tidak tepat

               Dampak TIK pada transportasi :
a.       TIK digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas
b.       Sistem komputer digunakan untuk mengendalikan pesawat
c.       Sistem komputer yang digunakan untuk menerbangkan pesawat luar angkasa


Lebih lengkapnya coba klik link Buku TIK

https://www.google.co.id/amp/s/soalkimia.com/buku-tik-kelas-7-smp-mts-kurikulum-2013/

Komentar

Postingan Populer